12.10.08

TIPS MEMBUAT KULIT SUS

Membuat kulit sus memang gampang - gampang susah. Adonan sudah bagus, ketika dipanggang hasilnya malah kempis ( tidak mengembang ) atau di dalam oven mengembang ketika dikeluarkan dari oven kempis. Hal ini sering terjadi dalam pembuatan kulit sus, kulit sus yang baik tidak kempis dan berongga.

       Agar kulit sus yang Nettris buat berhasil baik, ikuti langkah - langkah di bawah ini :

1. Pastikan adonan rebus ( air, mentega dan tepung terigu ) tercampur dengan sempurna saat dimasak di atas api.

2. Pada saat telur dimasukkan, adonan harus benar - benar dingin. Aduk rata agar adonan tidak menggumpal ( jaga agar adonan tidak terlalu lembek ).

3. Agar kulit sus terlihat cantik, Nettris dapat menggunakan cetakan pada saat memanggangnya ( dapat juga dengan bantuan piping bag untuk membentuk kulit sus ).

4. Jangan mengolesi loyang dengan margarine, agar kulit sus tidak terlalu berminyak. Sebaiknya bersihkan loyang dengan menggunakan lap basah agar dihasilkan kulit sus yang empuk.

5. Panaskan terlebih dahulu oven dengan suhu 160*c, kemudian masukkan loyang yang berisi kulit sus.

6. Jika kulit sus sudah mengembang dan berwarna kecoklatan, matikan kompor dan biarkan kulit sus di dalam oven selama 15 menit sebelum dikeluarkan dari oven ( agar tidak mengempis ).

7. Olesi permukaan kulit sus dengan minyak / mentega saat baru dikeluarkan dari oven agar terlihat mengkilap.

8. Sebaiknya isi kulit sus dengan bahan isian jika akan disajikan ( hal ini dimaksudkan untuk menghindari isi sus yang mudah basi / bau ).

9. Agar terlihat rapi pada saat mengisi kulit sus, masukkan bahan isian ke dalam piping bag lalu bentuk sesuai selera.

10. Simpan sisa kulit sus di dalam lemari es, hangatkan kembali jika ingin disajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar