21.11.08

MEREBUS YANG BAIK

Merebus merupakan salah satu cara memasak bebas lemak. Baik untuk sayuran, pasta, dan telur. Nih ada tips untuk mendapatkan hasil yang baik :

1. Gunakan panci berukuran tepat. Untuk sayuran, Nettris perlu panci berukuran sedang. Untuk pasta atau nasi, perlu panci yang lebih besar untuk memberikan ruang saat nasi atau pasta mengembang.

2. Mulai memasak air dingin untuk kacang - kacangan ( bean ), kentang, dan polong - polongan. Untuk mi, pasta, dan sayuran, air harus mendidih terlebih dahulu.

3. Sayuran tertentu seperti brokoli perlu direbus setengah matang dulu sebelum diolah menjadi hidangan. Perebusan setengah matang ini disebut blanch. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, masukkan brokoli atau sayuran lain ke dalam air yang mendidih cepat selama 1 - 2 menit. Angkat. Tiriskan dan masukkan sayuran ke dalam wadah berisi air es untuk menghentikan pematangan dan mempertahankan warna.

4. Jangan merebus sayuran terlalu lama karena menghilangkan kandungan nutrien sayuran, air rebusan yang mengandung banyak zat berkhasiat dan sayuran. Coba gunakan saus atau kuah. Selain sehat, juga menambah cita rasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar