25.2.11

PENGGUNAAN TEPUNG TERIGU

Ada banyak tepung terigu tersebar di pasarn, ada tepungterigu protein tinggi, sedang, dan rendah. Bila nettris awan sekali dengan tepung terigu mungkin akan kesulitan memilih jenis tepung terigu yang cocok untuk jenis kue atau makanan yang akan nettris buat. Berikut ada beberapa tips yang akan mempermudahkan nettris dalam memilih tepung terigu :
  • Cake
Dalam pembuatan cake biasanya digunakan tepung terigu dengan kandungan protein yang sedang, karena bisa menghasilkan tekstur kue yang lembut. Jika menggunakan terigu dengan kandungan protein rendah maka cake yang dihasilkan akan lebih mudah hancur,dan sebaliknya cake akan lebih keras jika menggunakan terigu dengan kandungan protein tinggi.
  • Roti
Roti memiliki tekstur yang padat,kokoh namun tetap lembut. Maka tepung terigu yang baik digunakan dalam pembuatan roti adalah tepung terigu dengan kandungan protein yang tinggi.
  • Cookies
Tekstur yang diharapkan pada saat Nettris membuat cookies adalah renyah dan jika digigit tidak keras dan sangat mudah hancur. Jadi tepung terigu yang baik digunakan adalah tepung terigu dengan kandungan protein yang rendah.
  • Kulit Martabak Telur
Membuat kulit martabak telur harus menggunakan tepung terigu berprotein tinggi yang mampu menipiskan kulit martabak telur sampai terbentuk seperti selaput.
  • Martabak Manis
Martabak manis memerlukan terigu dengan protein 11,5%. Tepung yang cocok adalah tepung terigu sedang atau percampuran antara tepung berprotein sedang dengan tepung berprotein tinggi.
  • Tepung untuk Daging Tiruan
Jenis terigu yang paling cocok untuk membuat gluten adalah tepung terigu protein tinggi, karena akan menghasilkan banyak gluten. Pati hasil cucian gluten bila disaring lagi akan menghasilkan tepung tang mien. Tepung ini biasa dipakai untuk pembuatan dumpling yaitu adonan tepung yang biasanya disajikan pada dimsum, hakao, dan campuran untuk membuat bakpau. Gluten biasa dibuat sebagai daging tiruan untuk vegetarian. 1 kg tepung terigu protein tinggi diberi air 600 cc dan sedikit garam lalu diaduk sampai tercampur rata. Adonan ini lalu di cuci sampai airnya bening untuk membuat pati dari terigu. Setelah patinya hilang akan tertinggal gumpalan kenyal berwarna keabu - abuan yang disebut gluten dan siap diolah untuk berbagai masakan.
  • Kulit Pangsit
Tepung terigu yang tepat untuk membuat pangsit goreng adalah tepung terigu protein sedang supaya hasilnya lebih renyah dan lembut. Sedangkan untuk membuat pangsit rebus sebaiknya menggunakan tepung terigu protein tinggi. Menggunakan tepung terigu protein rendah mengakibatkan pangsit goreng menjadi lebih berminyak dan pangsit rebus menjadi mudah hancur.
  • Kulit Pia
Pembuatan kulit pia harus menggunakan tepung terigu protein rendah. Kalau tidak, maka kulit pia akan menjadi keras.
  • Gorengan
Tepung terigu yang cocock untuk membuat gorengan adalah tepung terigu yang protein sedang. Jika menggunakan tepung terigu yang proteinnya terlalu rendah maka hasil gorengan akan lebih menyerap minyak atau kurang renyah / tidak garing.
  • Bakpao
Tepung terigu yang paling bagus adalah tepung terigu protein rendah, karena kadar abunya rendah sehingga bakpau yang di asilkan warnanya putih dan lembut.

Resep Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar