12.12.08

BAHAN - BAHAN MAKANAN

SAUS HOISIN

Warnanya cokelat kemerahan, di buat dari tausi ( kedelai hitam yang di fermentasikan ). Rasanya asin manis, aromanya sedap sangat cocok untuk masakan oriental.

TAOCO

Bahan ini cukup populer untuk lidah Indonesia. Di buat dari kedelai yang di fermentasikan. Aromanya khas, rasanya asin, lezat untuk menumis sayur, tahu dan tempe maupun di campur untuk kuah. Dikemas dalam botol, warnanya ada yang kekuningan atau kecoklatan. Ada pula yang rasanya manis.

TONGCAI

Tongcai dalam bentuk siap pakai, biasanya di taburkan pada kuah bening pada masakan oriental. Terbuat dari lobak yang diasinkan, memiliki aroma dan rasa yang khas.

MINYAK SAMIN

Minyak samin atau ghee ini bentuknya padat, mirip dengan margarin hanya lebih lembek. Merupakan hasil proses penjernian mentega. Minyak padat ini biasanya dipakai untuk menumis hidangan daging kambing. Jenis minyak ini biasanya di pakai di dapur India.

BREAD IMPROVER

Untuk membuat kue roti lebih empuk, halus teksturnya dan tahan lama bakery sering memakai bahan tambahan yang berupa bread improver. Bahan ini tersedia di toko bahan kue dalam berbagai merk. Saat membeli sebaiknya tanyakan juga cara pemakaiannya. Biasanya dipakai jumlah tepung terigu sebagai patokan untuk menghitung jumlah bread improvernya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar