9.9.09

TALAS


Talas atau Kimpul adalah sumber karbohidrat. Selain mengandung Tiamin, Vitamin C, fosfor dan besi, talas atau kumpul ini juga mengandung protein setara nasi; kalori 100 gram talas setara dengan kalori 50 gram nasi.

Talas atau kimpul umumnya hanya dijadikan makanan ringan yang 'katrok', hanya direbus saja. Padahal talas sering digunakan untuk bahan cake di toko-toko cake besar. Bahkan Talas atau kimpul ini juga sering dijadikan krim pengoles kue atau vlas pengisi roti. Juga, pelepah talas juga lezat dijadikan sayur.


Dalam mengolah Talas atau Kimpul ini dibutuhkan penanganan yang hati-hati. Karena sedikit saja salah olah, maka Talas akan membawa bencana. Talas bisa membuat tenggorokan anda gatal. Penyebab gatalnya tenggorokan ini karena Talas mengandung Kalsium Oktalat. Ini menyebabkan iritasi pada tenggorokan sehingga menjadi gatal.

Untuk mengurangi kadar Kalsium Oktalat, anda hanya perlu merendam Talas ke dalam air garam. Untuk memaksimalkan penurunan kadar Kalsium Oktalat pada Talas, anda juga bisa merendam irisan umbi Talas pada konsentrasi larutan asam khlorida sebesar 0.25 % dan konsentrasi asam sitrat 0.15%. Perendaman dilakuan selama 4 menit.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar